Blog Archive

Senin, 09 Februari 2015

Mengubah Teks Cerpen menjadi Teks Drama - Planet Emas

by Unknown  |  in cerpen at  Senin, Februari 09, 2015

Hai sobat Blogger!, Kali ini saya akan memposting tentang Teks Drama dari salah satu cerpen saya yang berjudul "Planet Emas", jika belum tau cerpennya kaya gimana cek aja di http://rankunid.blogspot.com/2015/02/cerpen-planet-emas.html . Dan bila kalian ingin mendownload format word dari Postingan ini silakan klik link di bawah ini!

http://sh.st/gVsE4

Untuk yang belum tau, caranya mengubah cerpen menjadi teks drama itu sebenarnya mudah lo...
-Pertama kalian siapin teks cerpen kalian, lalu tiap-tiap kalimat lansungnya ditulis menjadi dialog.
-Setelah itu, Berikan kegiatan yang sedang dilakukan oleh pelaku dalam dialog tersebut menggunakan tanda dalam kurung (hal ini disebut kramagung)
-Terakhir, coba sunting lagi teks drama kalian apakah sudah sesuai dengan teks cerpen atau belum.

contoh teks drama nya kaya gini nih... Cekidot,



Planet Emas
Karya Galan Yoesep Diyanto
Suatu saat di sebuah planet di galaksi yang sangat-sangat jauh sekali. Hiduplah seorang pemuda yang bernama Gerrard G. Launch, dia hidup bersama ibunya.  Ayahnya sedang melakukan penjelajahan luar angkasa ketika ibu Gerrard melahirkannya.  Sampai sekarang ayah Gerrard masih belum diketahui lokasinya.  Karena itu, Gerrard pun bercita-cita untuk menjadi seorang penjelajah luar angkasa untuk mencari kepastian ayahnya.  Hobi Gerrard adalah mengotak-atik robot, sehingga ia sangat mahir soal teknik jaringan robot.
                Suatu saat, seorang putri dari kekaisaran planet tersebut sedang menjelajahi seluruh planet, tiba-tiba speeder kendaraan putri tersebut rusak tepat di dekat rumah Gerrard yang berlokasi di gurun daerah pegunungan. Tak sengaja Gerrard melihatnya secara diam-diam, karena penasaran akhirnya Gerrard menghampiri putri tersebut.
Gerrard                                : “Permisi nona ada yang bisa saya bantu?”
Liese Beth           : (Terkejut)“Oh, siapa kau?Jangan macam-macam kau dengan ku!”
Gerrard                : (Menghampiri sang putri) “Tidak nona, saya tinggal di tempat ini, nama saya  Gerrard.(Mendekati speeder sang putri) Sepertinya speeder ini sedang dalam masalah? Boleh kuperbaiki? Ini hanya kerusakan ringan.”
(Sang putri hanya mengangguk sambil keheran-heranan atas kelakuan Gerrard. Setelah selesai, Sang putri menghampiri Gerrard)
Liese Beth           : (Menghampiri Gerrard)“Terimakasih sudah membantuku, namaku Liese Beth, aku adalah putri dari Kaisar yang menguasai planet ini.”
Gerrard                                : (Terkejut) “Maaf tuan putri, ini Speeder anda,”(Mengembalikan speeder)
Liese Beth           : “Terimakasih”
(Gerrard kembali kerumahnya, dan Liese kembali ke istana menggunakan speeder nya sambil melambai-lambaikan tangan kepada Gerrard.)
(Esoknya, seorang prajurit dari kekaisaran datang ke rumah Gerrard. Prajurit itu mengetuk pintu rumah Gerrard)
Prajurit                 : (Mengetuk pintu) “Permisi, Kami dari kekaisaran dengan manksud kemari adalah untuk memanggil yang bernama Gerrard supaya menghadap sang kaisar”
Gerrard                : (Membukakan pintu) “Ada apa tuan memanggil saya?”
Prajurit                 : “Anda kah yang bernama Gerrard?”
Gerrard                : (Terpatah-patah) “I..Iya”
Prajurit                 : “Anda dipanggil oleh kaisar untuk menerima sebuah tugas, dan juga sebagai ucapan terimakasih dari sang putri karena anda telah menyelamatkannya”
Gerrard                : (Mengangguk)

(Akhirnya, Gerrard dan ibunya diboyong ke istana. Disana ia langsung bertemu dengan sang kaisar)
Kaisar                    : “Hei anak muda, benarkah kau itu orang yang telah menolong Liese?”
Gerrard                : “Benar tuan”
Kaisar                    : “Oh, kata anakku, kau pandai dalam memperbaiki mesin, aku akan memberikan suatu tugas untukmu.”
Gerrard                : (menghela nafas)”Apa itu tuan?”
Kaisar                    : “Kau harus memperbaiki sebuah speeder tua yang dulunya dalah rampasan perang melawan penjajah planet ini dahulu, sanggupkah engkau wahai anak muda?”
(Menunjuk satu speeder)
(Gerrard langsung menuju speeder tua itu dan memperbaikinya dengan cekatan. Setelah selesai, Gerrard
Mempersembahkan speeder itu kembali)
Gerrard                : “Ini tuan, sudah selesai, Speeder ini tidak bisa berjalan karena bahan bakar nya tidak sesuai, bahan bakar ini diganti dengan emas murni”
Kaisar                    : “Oh jadi begitu. Kau sangat pandai sekali anak muda, maukah engkau kuberi satu misi yang sangat penting?”
Gerrard                : “Apakah itu tuan?”
Kaisar                    : “Kau harus menjemput seseorang yang terjebak di sebuah planet tak bernama yang mengorbit di galaksi ini, aku akan memberi koordinatnya.”
Gerrard                : “Baik tuan, asal saya diberi peralatan-peralatan yang cukup dan sebuah alat transportasi, serta saya minta agar ibu saya tetapterjaga di sini.”
Kaisar                    : (Berdiri dari kursi) “Baiklah kalau begitu, hari ini kalian istirahat saja, engkau akan berangkat besok anak muda!”
(Hari berikutnya)
Kaisar                    : “Kau boleh membawa alat-alat yang kau perlukan di gudang teknisi, dan pesawatnya ada di Hangar no 13”
Gerrard                : (mengangguk dan tersenyum)
(Gerrard segera menuju ke gudang teknisi, lalu menuju ke hangar no 13. Dia melihat sebuah pesawat
 ruang angkasa kecil yang bias dimuat oleh dua penumpang.  Dengan mata-berbinar, ia segera menaiki
pesawat itu. Ketika hendak berangkat, ibu Gerrard datang dengan penuh kekhawatiran)
Ibu Gerrard        : (Khawatir) “Hati-hatilah nak, kau adalah anakku satu-satunya”
Gerrard                : “Iya bu, aku berangkat sekarang, Bye”
(Gerrard menyalakan mesin dan melambaikan tangan kepada ibunya.)
(Satu jam kemudian, Gerrard sudah berjarak sekitar 5000 cahaya dari planetnya. Dia melihat titik koordinat di layar monitor pesawatnya menunjukkan tujuan masih berjarak sekitar 10.000 cahaya lagi. Setelah menunggu lama, ia melihat sebuah planet berwarna kuning berkilauan)
Gerrard                                : (Bergumam) “Planet itu adalah tujuan dari pesawat ini”
(Setelah lebih dekat, Gerrard melihat bahwa planet itu seluruhnya hampir tertutup oleh kumpukan emas.  Lebih lagi ketika Gerrard masuk ke atmosfir planet itu.  Dia segera mendaratkan pesawatnya di lembah bebatuan, disana terdapat sebuah gua.  Setelah turun, Gerrard segera mencari titik tepat koordinat nya dengan sebuah speeder kecil dan membawa alat-alat teknisinya)
(Setelah mengelilingi planet itu, Gerrard menemukan sesuatu yang janggal seperti tulisan-tulisan aneh, noda darah yang baru, dan sebuah robot luar angkasa yang menunjukkan lokasi titik koordinat yang dikepala robot itu tertulis “MILIK STEVEN GRAND” yang mungkin adalah nama yang dimaksud oleh sang kaisar.  Dia membawa robot itu kembali ke tempat dia mendarat tadi,  setelah mengotak-atik robot itu. Tiba-tiba robot itu mengeluarkan pesan suara yang intinya ada seekor makhluk yang menjebak pemilik robot ini, sehingga robot milik steven ini mengirimkan pesan SOS kepada kaisar. Bersama robot itu, Gerrard langsung menuju ke lokasi dimana pemilik robot ini terjebak. Dia menemukan Steven terjebak dalam sebuah lubang yang tertutup kaca dengan lubang kecil dipinggir kaca rapi sekali. Anehnya, kaca itu juga tertulis tulisan yang sama yang ditemukan oleh Gerrard. Dengan segera, Gerrard mengangkat Steven yang sedang terluka itu dan membawanya kembali ke gua dekat ia mendarat tadi.)
Gerrard                                : “Kau Steven Grand?”
Steven                  : (merintih) “ Uh,, iya benar. Bagaimana kau tau aku ada di sana?”
Gerrard                                : “aku menemukan robot mu dan melihat isi rekamannya. Bolehkah aku  bertanya?”
Steven                  : (Menghadap ke Gerrard)
Gerrard                                : “Aku bingung kenapa ada tulisan Wookies di planet ini tapi aku tak paham artinya.”
Steven                  : “Itu dalam bahasa manusia adalah sebuah nama yang dalam pelafan manusia artinya ‘G.Launch’.”
Gerrard                : (mengangguk penasaran)
(Kaum para wookies, mereka adalah makhluk tinggi berbulu coklat dan juga sangat pandai.  Namun tidak
dapat mengucapkan kata-kata seperti manusia karena bentuk mulutnya tidak memadai)
Steven                  : “Hei anak muda, ngomong-ngomong nama mu siapa?”
Gerrard                : (Lantang) “Aku adalah Gerrard G.Launch, anak dari Stauss G.Launch. Aku kemari diperintahkan oleh kaisar untuk menjemput anda”
Steven                  : “Baiklah kalau begitu, sebaiknya kita segera kembali, karena planet ini sangat berbahaya”
(Mereka segera bersiap-siap untuk berangkat, sebelum berangkat Gerrard menulis sesuatu di Atas batu
besar dekat gua)
Gerrard                : (menulis) “Aku menuliskan nama ayahku di batu ini!”
(Setelah itu, Mereka berdua langsung berangkat ke planet mereka. Sesampainya, Gerrard dan Steven langsung menjumpai sang kaisar di istananya. )
Steven                  : (menunduk)“Maafkan saya kaisar, saya tidak bias meneliti lebih lanjut mengenai planet itu. Disana sangat berbahaya”
Kaisar                    : (menghela nafas) “Tak apa yang penting engkau selamat berada disini”
Gerrard                : “Tuan, bolehkah saya tau asal muasal planet itu?”
Kaisar                    : (menghela nafas) “Dahulu, banyak sekali para penjajah planet, mereka mencuri sumber daya alam suatu planet untuk kesenangan mereka sendiri.  Konon katanya planet itu dulunya adalah tempat berkumpulnya harta-harta mereka, akan tetapi entah mengapa mereka meninggalkanya begitu saja”
Steven                  : “Tapi kaisar, mengapa ada kaum wookies di planet itu?”
Kaisar                    : “Wookies? Planet kita ini dulunya sering berhubungan dengan para wookies di planet Kashyyk.  Tetapi entah mengapa  kami tiba-tiba kehilangan kontak dengan mereka.  Kami hampir lupa dengan para wookies.  Aku juga tak tau mengapa bisa ada wookies di planet itu”
(Tiba-tiba Transciever(penerima pesan hologram) milik kaisar menyala. Kaisar segera menaruhnya di lantai dan menyalakan nya. Ketika menyala, transceiver itu menampilkan seorang laki-laki dewasa)
Stauss                   : “Kaisar, aku adalah Stauss G.Launch. Aku mengadakan  penjelajahan ku sendiri sampai ke planet ini, planet yang diselimuti emas. Disini aku melihat adanya tulisan namaku di atas batu, aku yakin kau telah mengirim anakku kemari.”
Kaisar                    : “Benar, lalu kenapa?”
Stauss                   : (setengah menggertak) “Aku adalah ayahnya. Tunjukkan padaku kalu dia baik-baik saja!”
Kaisar                    : (menghadapkan transceiver kepada Gerrard)
Stauss                   : (Mata berkaca-kaca) “Nak, kaukah itu?”
Gerrard                : “Iya yah, mengapa ayah berada di sana?”
Stauss                   : “Para Wookies disini dulunya adalah penghuni dari planet Kashyyk yang telah diculik oleh penjajah planet untuk dijadikan budak.  Tetapi  mereka mendeteksi kalau planet ini akan meledak 5 tahun setelahnya, jadi mereka meninggalkan planet ini begitu saja”
Kaisar                    : (berdiri dari tempat duduk) . “Lalu, bagaimana cara menyelamatkan para Wookies itu?”
Stauss                   : “Aku telah mengetahui caranya!. Para penjajah planet itu dapat berpindah tempat secara cepat menggunakan speedernya.  Kau tahu kaisar, yang seperti rampasan perang yang kau simpan di Istana”
Kaisar                    : “Jadi kita harus mengantarkan speeder itu kesana?”
Stauss                   : “Iya tuan, tapi bias dilakukan dengan cepat jika langsung menteleport speeder itu langsung ke planet ini, namun hal itu membutuhkan 1 orang untuk mengoperasikanya”
Gerrard                : “Biarkan aku!. Aku ingin membantumu,yah”
Stauss                   : “Baiklah, ambillah speeder itu.  Tekan tombol di setang sebelah kanan speeder itu, lalu akan muncul lubang portal di depannya. Tekan nomor koordinat yang kau tuju pada monitor kecil di samping spidometer nya. Setelah itu masuklah ke portal dengan speeder itu bersamamu”
(Gerrard pun segera melaksanakan perintah ayahnya. Setelah masuk ke portal tersebut, Gerrard melihat ayahnya bersama dengan kumpulan wookies di sampingnya.)
Gerrard                                : “Ayah!”
Stauss                   : “Kau kah itu?”
Gerrard                                : “Cepat yah, kita harus menyelesaikan misi ini sebelum planet ini meledak”
(Akhirnya, ayah Gerrard mengantarkan para wookies ke planetnya satu-persatu sampai habis. Ketika sudah selesai, tinggal Gerrard yang ayahnya yang akan berangkat. Akan tetapi, Planet itu mulai Bergetar)
Gerrard                                : “Ayah, bagaimana ini?” (Kebingungan)
Stauss                   : “Cepatlah naik dan nyalakan . Aku juga akan segera naik!”
(Setelah itu, akhirnya mereka pulang ke planet mereka dengan selamat dan Planet emas itu meledak menjadi debu.)


Sekian postingan kali ini, untuk kerapian teks mohon dimaafkan karena penaruh dari copy paste di word saya :v.. Terimakasih, Kami tungu komentarnya

0 komentar:

KOMUNITAS

noviekurniawan.blogspot
Proudly Powered by Blogger.